Rangkuman Bahasa Indonesia kelas 9 semester I Kurikulum 2013


Teks Eksemplum 
( BAB I )

  • Memahami Struktur Teks Eksemplum
Teks eksemplum adalah jenis genre cerita yang berkaitan dengan insiden yang didalamnya terdapat beberapa hal yang menjadi insiden. Teks eksemplum intinya tidak terletak pada cerita yang ada dalam teks, tetapi terdapat pada nilai atau pelajaran yang ingin disampaikan melalui ilustrasi cerita yang disampaikan.
Struktur teks eksemplum adalah : 
  1. Abstrak
  2. Orientasi
  3. Insiden
  4. Interpretasi
  5. Koda/amanat
Contoh teks eksemplum :

                                                   Teks                                                                                     
           Keterangan
       Niat baik tidak selalu bersambut baik. Kadang, niat baik justru mecelakakan diri kita sendiri. Karenanya, pada saat tertentu kita perlu  bersikap waspada terhadap niat baik yang akan kita lakukan
                                            Abstrak 
      Aku punya pengalaman yang mengerikan pekan lalu. Minggu lalu, aku pergi ke sebuah desa kecil di selatan Jawa Barat. Aku sedang menuju ke kota berikutnya. Dalam perjalanan, seorang pemuda melambai padaku. Aku menghentikan mobilku dan dia meminta untuk tumpangan, 
                                                                    Orientasi
      Begitu dia masuk ke mobil, aku mengucapkan selamat pagi kepadanya dalam bahasa Jawa dan dia menjawab dalam bahasa yang sama. Tiba-tiba, ia mengambil pisau dari sakunya. Secepat kilat dia langsung menodongkan pisaunya yang putih tajam ke leherku.
      Aku sangat takut. Lalu, ia meminta aku untuk memberinya uang. Aku memberinya segera. Setelah itu, dia memintaku untuk menghentikan mobil dan dia pun keluar.
                                                                Insiden 
  Aku berterima kasih kepada Tuhan karena masih menyelamatkanku waktu itu. Sekarang, aku menyadari bahwa jika kita membantu orang lain, maka kita harus berhati-hati. Hal yang aneh jika kita memberikan tumpangan kepada seseorang dijalan padahal kita tidak tahu dan belum pernah bertemu sebelumnya dengan orang tersebut. Hal ini sangat berbahaya bagi kita. Mungkin, ia akan menyakiti kita dan meminta uang. Dari kejadian itu, aku belajar untuk berhati-hati
                                                                                                                            Interpretasi
Peristiwa di atas memberikan pelajaran bahwa kita harus lebih berhati-hati dengan orang yang kita nilai baik karena belum tentu orang itu baik. Selektif dalam menilai orang dan melakukan tindakan harus selalu kita lakukan. Ibarat peribahasa kita harus hati hati dengan "serigala berbulu domba"
                                                                  Koda/  amanat

Dalam penyusunan teks eksemplum, terdapat ciri kebahasaan, antara lain berupa penggunaan kalimat kompleks, kata rujukan dan kata hubung atau konjungsi. 
Fitur bahasa pada teks eksemplum adalah :
  • Menggunakan bahasa naratif
  • Menunjukkan urutan peristiwa yang jelas
  • Menghadirkan diri penulis (kita, aku) yang ada dalam interpretasi dan koda
  • Teks ini biasanya menggunakan proses material dan tindakan untuk mengeksplorasi insiden
  • Menggunakan proses relasional untuk mengeksplorasi penilaian
  • Menggunakan referensi teks dan hubungan leksikal untuk menunjuk pada nilai-nilai yang disarankan oleh peristiwa.

Teks Tanggapan Kritis
(BAB II)

  • Memahami Struktur Teks Tanggapan Kritis 
         Teks tanggapan kritis merupakan jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi teks sastra, teks karya seni atau pertunjukkan. Didalam teks tanggapan kritis terdapat penilaian berupa kritik dan pujian. Unsur kebahasaan  yang terdapat dalam teks tanggapan kritis adalah kalimat simpleks, kalimat kompleks, konjungsi, rujukan kata, dan pilihan kata.
Struktur teks tanggapan kritis adalah :
  1. Evaluasi, merupakan bagian awal teks yang berisi pernyataan umum tentang apa persoalan yang disampaikan penulis.
  2. Deskripsi Teks, merupakan bagian tengah teks yang berisi informasi alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan.
  3. Penegasan Ulang, merupakan bagian akhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan.
Contoh Teks tanggapan kritis:

Pesawat Kepresidenan



          Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun pendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada ditanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.
          Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih dilambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.
          Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik. Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresiidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional.
          Pada zaman Presiden Gus Dur sudah ada wacana pembelian pesawat kepresidenan itu, tetapi dengan mempertimbangkan biaya yang sangat tinggi akhirnya rencana tersebut tidak direalisasikan. Apakah fakta tersebut tepat sebagai alasan? Hitungan dan efektivitasnya dapat diuraikan dengan jelas. Pesawat itu dibeli dengan harga Rp 820 miliar dan mulai dibuat sejak 2011. Pesawat itu mampu terbang sekitar 10-12 jam, mampu menghalau peluru kendali, dapat mendarat di bandara kecil, bisa memuat rombongan Presiden hingga 50 orang, dan memiliki peralatan navigasi, komunikasi, sistem keamanan, isolasi kabin, dan hiburan khusus selama penerbangan. Dari total US$ 91,2 juta atau      Rp 820 miliar biaya yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia untuk membeli BBJ2, US$ 58,6 juta diakolokasikan untuk badan pesawat, US$ 27 juta guna interior kabin, US$ 4,5 juta bagi sistem keamanan, dan US$ 1,1 juta untuk biaya administrasi.
          Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono jilid dua, wacana ini kembali muncul. Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp 114 miliar per tahun. Sektretaris negara mengklaim bahwa jauh lebih murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri daripada menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia  seperti yang selama ini dilakukan, Sistem carter ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan, biaya terus meningkat. Pada 2006 misalnya, anggaran lawatan dinas Presiden Rp 75 miliar dan tahun 2009 naik lagi keangka Rp 180 miliar.
          Alasan berikutnya jelas bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang mau tidak mau Presiden harus memiliki pesawat sendiri. Tidak mungkin Presiden menggunakan pesawat komersial karena jadwalnya sangat terbatas. Pandangan bahwa memiliki pesawat kepresidenan bukan merupak prioritas juga dapat dibantah karena saat ini perekonomian Indonesia sudah stabil. Pertumbuhan cukup baik sehingga operasional dapat ditutupi. Pembelian pesawat kepresidenan juga bukan hal yang menghilangkan kepekaan terhadap rakyat. Kepekaan kepada rakyat dapat ditunjukkan secara langsung dengan mengerluarkan kebijakan yang memihak kepada rakyat, khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Alasan keamananm keefesienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional.
        Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu. 

Sumber : Buku Cetak Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013

  • Langkah-langkah menyusun teks tanggapan kritis terhadap karya seni atau pertunjukan:
  1.  Menentukan tema
  2. Menentukan aspek-aspek yang akan dijelaskan melalui pengamatan
  3. Membuat kerangka karangan
  4. Mengembangkan kerangka menjadi teks utuh 
  • Langkah-langkah menyusun teks tanggapan kritis terhadap karya sastra sebagai berikut:
  1. Membaca karya sastra yang akan dikritik atau ditanggapi
  2. Membuat sinopsis cerita
  3. Memahami dan menganalisis struktur karya sastra tersebut
  4. Mengemukakan pendapat/gagasan pribadi terhadap isi dan bentuk karya sastra tersebut
  5. Merumuskan paparan atau harapan 
  6. Mengoreksi kembali teks tanggapan sesuai struktur yang tepat




Comments

  1. Makasih bnyk sangat membantu sekali....

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu terimakasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, sangat membantuπŸ‘

    ReplyDelete
  4. muaaachh kak, makasi bangett ngebantuu banget ini

    ReplyDelete
  5. yang kesini gara" tiktok check!
    anbsen yuk

    ReplyDelete
  6. Singkat bner. Ini beneran segini doang?

    ReplyDelete
  7. Yah kok nya aku beda ya nyaaku bab 1.tentang melaporkan hasil percoban dan seterusnya pun gk sama:"

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa juga :') soalnya ini kurikulum K13 sedangkan kita sekarang itu K13 Revisi. cmiiw

      Delete
  8. Kok punyaku beda ya,bab 1 nya tentang teks laporan percobaan bab 2 tentang pidato persuasif

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts