5 Pekerjaan Sampingan Bagi Penggemar Art dan Design


Pekerjaan Sampingan Bagi Penggemar Art dan Design

            Hi Saudara Bumi :)! Tentunya kalian ingin mampu menghasilkan uang melalui hobi dan passion kalian bukan?  Ditambah lagi, bagi pelajar Art dan Design membutuhkan pengeluaran yang cukup besar. Pastinya kalian membutuhkan pekerjaan sampingan yang mampu menutupi pengeluaran yang extra-GEdE itu. Nah, kali ini ada beberapa pekerjaan sampingan atau biasa disebut side hustle bagi penggemar Art dan Design. (beberapa tips tersebut, juga berasal dari pengalaman saya sendiri)


1. Menjual Stickers Bikinan Sendiri

Image result for tumblr stickers
Sumber : Amazon
               Bila kalian sudah memiliki art-style dan jago design, kalian sudah one step closer mendapatkan ez money. Kenapa ez money? Bila kalian sudah bikin setidaknya 5 set stickers, selanjutnya kalian hanya tinggal memproduksinya lagi tanpa mendesign ulang. Kecuali, kalian ingin menjual varian stickers berbeda setiap edisi. Anda dapat menjualnya melalui teman, Instagram, Etsy, Shopee, Tokopedia, ataupun market lainnya. Stiker juga merupakan salah satu produk yang sering dibeli oleh orang-orang yang melakukan bullet journal. Buatlah stiker se-UwU mungkin. Tips yang dapat saya berikan adalah stiker berupa binatang, langit, galaksi, hal berbau vaporwave. Selain itu, cobalah mainkan kreativitas anda sendiri. Stiker yang unik dan menonjol, mampu membuat orang tertarik untuk membelinya. 


2. Menjual Foto/Menjadi Fotografer 

Image result for fotografer
Sumber : Google
                     Pekerjaan sampingan ini cocok bagi kalian yang belom begitu mahir dalam Art ataupun Design dan suka dalam foto-fotoan. Foto yang telah kalian foto, dapat kalian upload di Instagram dengan berbagai hashtag. Hal ini menyerupai portofolio simpel untuk mempromosi jasa dan bakat kalian dalam menjadi fotografer. Jangan lupa masukan lokasi kalian berada. Bila Anda beruntung, bisa saja ada Selebgram didaerah kalian yang membutuhkan fotografer untuk mengendorse produk. Selain itu, kalau ada teman mengadakan acara ulang tahun atau acara lainnya, kalian juga dapat mengajukan atau menawarkan jasa fotografer sebagai dokumentasi acara. Walaupun menjadi fotografer dapat mendapatkan uang cukup banyak (200-400k/sesi (tergantung customer)). Namun, pekerjaan sampingan ini kurang cocok bagi kalian yang sibuk karena kalian perlu kemana-mana dan mengikuti acara tersebut sampai selesai. Oleh karena itu, kalian tetap bisa mendapatkan uang melalui menjual foto yang berkualitas melalui beberapa website yang mau membeli foto-foto kalian.


3. Membuat Sticker Line

Karya saya sendiri

                       Line merupakan sebuah platform chat yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dari kaum pelajar hingga pekerja. Nah, kalian mampu mengambil kesempatan ini untuk membuat sticker Line dengan kreativitas kalian menggunakan berbagai karakter dan ekspresi yang dapat digunakan dalam sebuah percakapan. Dalam 1 set stiker, kalian dapat memilih untuk menjual 8 buah, 16 buah, 24 buah, 32 buah, 40 buah. Biasanya 8 buah stiker dapat dijual dengan 10 coin seharga Rp 2.400. Setiap penjualan 1 stiker kalian akan mendapatkan 6 yen seharga 750 perak, berhubung Line juga mengambil seberapa persen dari penghasilan kita (Yang saya estimasikan ini merupakan kebijakan dulu) . Mulai akhir tahun 2019, harga terendah koin Line telah berubah menjadi Rp 7.200 dimana kalian akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari tiap penjualan stiker. Bila stiker kalian banyak yang suka, kalian akan mendapatkan ratusan hingga berjuta tiap bulan. Saya baru menjalankan 1 tahun dengan menjual stiker Line, penghasilan total saya hanya sekitar 100k. Menurut pengalaman orang lain, bisnis saya dalam stiker Line masih jauh rendah 100k/tahun :(. Namun, 100k bisalah buat banyak hal :))))))  dan ini cocok banget sebagai uang saku sampingan.

4. Membuka Komisi Gambar

Image result for art commission
Sumber : Fiverr
                     Bila kalian sudah sering memposting karya art kalian, baik di Instagram, Twitter atau medsos lainnya. Kalian dapat membuka komisi gambar. Misalnya, gambar muka 25k, gambar setengah badan 50k, gambar full body 85k sesuai dengan harga varian masing-masing. Kalian juga bisa membuka komisi gambar fan art, hadiah ulang tahun teman, hadiah nikahan. Sebebas-bebasnya sesuai keinginan dan kreativitas kalian :)

5. Menjual Hasil Design atau Vector
Image result for vector element
Sumber: Google
            Hal ini lumayan sulit juga dan saya belum berpengalaman dalam pekerjaan sampingan ini. Jika Anda jago dalam membuat vector, Anda dapat menjualnya di shutterstock ataupun canva. 


                     Sekian beberapa pengalaman pekerjaan sampingan yang pernah saya lakukan dan juga yang belum. Selamat mengejar passion Anda dan pantang menyerah saudara Bumi! :) Kalau ada yang mau bertana-tanya silahkan tanya di kolom komen. Saya bersedia membantu :)))) ThAnK yOu!

Comments

Post a Comment

Popular Posts